Selasa, 02 Mei 2023

LESEHAN AND ACCOUNTING VISIT 2022





Lesehan and Accounting Visit (LAV) atau yang dikenal sebagai lesehan adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Riau. Acara LAV ini merupakan kegiatan kemah bakti mahasiswa yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Akuntansi FEB UNRI. Tahun 2022 menjadi tahun perdana LAV diadakan kembali setelah sempat vacuum selama beberapa tahun sejak 2019, tepatnya setelah pandemi COVID-19 melanda. Kegiatan Lesehan and Accounting Visit (LAV) 2022 ini diadakan sejak hari Jum’at, 25 November 2022 sampai dengan Minggu, 27 November 2022.

LAV 2022 ini bertujuan untuk mepererat tali atau hubungan persaudaraan antara mahasiswa baru dengan senior dan alumni. LAV 2022 diketuai oleh kakadna M. Zahari Wardani. Lesehan diadakan di Desa Jorong Lombah, Kenagarian Sungai Rimbang, Kec. Suliki, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat dan Accounting Visit diadakan di Lembah Harau. Sebelum lesahan ini diadakan, seluruh peserta dikumpulkan di Gedung Sanggar Seni 412 pada hari Sabtu, 19 November 2022 untuk pembekalan. Pembekalan ini diadakan agar seluruh peserta mengetahui apa saja yang perlu dibawa ketika lesehan, siapa saja anggota-anggota kelompoknya, dan siapa kakak asuh masing-masing kelompok. Pembekalan ini adakan seminggu sebelum dilaksanakannya LAV 2022. Hal ini bertujuan agar seluruh peserta bisa akrab satu sama lain.



Para peserta dan panitia LAV 2022 berangkat pada hari Jum’at, 25 November 2022 pada pukul 08.00 WIB. Selama perjalanan, terdapat beberapa kali berhenti di jalan untuk makan dan sebagainya. Seluruh peserta, panitia, senior, alumni, dan dosen diberikan waktu untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Pukul 12.30, perjalanan dilanjutkan menuju bumi perkemahan.

Agenda selanjutnya ialah penyambutan peserta oleh koordinator lapangan, yaitu kakanda Fauzan Dwi Resnanda. Setelah sampai di lokasi, seluruh peserta diarahkan untuk bersiap-siap untuk melaksanakan shalat berjamaah, dan makan bersama. Pada pukul 20.10 WIB, peserta dikumpulkan untuk agenda malam yaitu kegiatan ramah tamah antara peserta dengan alumni. Selanjutnya, peserta diarahkan untuk istirahat agar dapat mengikuti kegiatan esok hari.

Hari kedua lesehan dimulai dengan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan senam sehat, serta sarapan pagi. Peserta kemudian diarahkan untuk bersiap-siap sebelum melaksanakan hiking yang mana hiking ini adalah salah satu kegiatan inti dari lesehan. Setelah senam, peserta dikumpulkan secara berkelompok dan setelahnya dilanjutkan oleh hiking per dua kelompok. Pada saat hiking, masing-masing kelompok akan menampilkan yel-yel dan jargon terbaik dari kelompok tersebut. Agenda ini berlangsung dari pukul 08.45 sampai dengan 16.00 WIB yang diselingi dengan istirahat, shalat, dan makan. Selanjutnya, para peserta dipersilahkan untuk istirahat, dan membersihkan diri. Kemudian dilanjutkan dengan shalat berjamaah dan makan bersama. Agenda selanjutnya ialah pentas seni yang juga merupakan salah satu kegiatan inti lesehan. Pada kegiatan pentas seni ini, peserta menampilkan penampilan terbaiknya. Acara ini berlangsung sampai pukul 23.00 WIB dan dilanjutkan dengan kegiatan api unggun. Acara api unggun ini juga merupakan salah satu inti dari kegiatan lesehan. Kegiatan hari kedua diakhiri dengan penerbangan lampion dan selanjutnya para peserta diarahkan untuk beristirahat.



Hari ketiga diawali dengan shalat subuh berjamaah dan para peserta diarahkan untuk membersihkan diri, serta dilanjutkan dengan sarapan pagi berjamaah. Pukul 07.15 WIB, peserta dikumpulkan untuk apel penutupan acara LAV 2022 dan selanjutnya persiapan meninggalkan bumi perkemahan. Pada pukul 09.30 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Harau. Sesampainya lokasi, kegiatan selanjutnya adalah study tour di Harau dan pukul 16.00 WIB dilanjutkan dengan persiapan meninggalkan Harau. Agenda selanjutnya adalah perjalan menuju tempat oleh-oleh dilanjutkan dengan pembelian oleh-oleh. Pukul 18.00 WIB ialah perjalanan menuju ramin dan makan malam di sana. Perjalanan menuju ke Pekanbaru dimulai pukul 21.00 WIB dan seluruh peserta tiba di Pekanbaru sekitar pukul 04.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar